3 Makanan asal Medan dengan nama unik dan sejarahnya

Makanan-makanan di Indonesia banyak sekali ragamnya dan diantaranya memiliki nama yang sangat unik. Nama tersebut bukan sembarang di berikan. Tapi memiliki arti dan sejarah tersendiri yang membuat makanan ini begitu terkenal di mata masyarakat Indonesia maupun para turis mancanegara.

Makanan-makanan ini biasanya sangat mudah ditemukan dan dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau. Apa saja yaa kuliner dengan nama khas unik ini? Berikut team Boombastis sebutkan dan uraikan dibawah ini yang mungkin kamu juga pernah mencoba salah satunya.

1. Roti ketawa

Camilan yang berasal dari Medan ini, memiliki bentuk seperti kue onde karena terdapat hamparan wijen di seluruh permukaannya. Hanya saja pada makanan ini berbahan dasar roti, sehingga terasa lebih padat dan tidak terdapat isi yang terbuat dari kacang hijau.

Jika kamu berfikir dengan memakan roti ini akan membuat kita tertawa, itu adalah salah besar. Karena camilan ini dinamakan roti ketawa karena terdapat belahan dipermukaan pada makanan berbentuk bulat ini. Sehingga terlihat seperti sebuah mulut tertawa.

2. Nasi Kentut

Makanan berbahan dasar nasi ini berasal dari Medan. Disantap dengan berbagai macam lauk pauk seperti ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe goreng dan tak ketinggalan sambal. Hampir mirip dengan Sego Kucing, namun nasi ini tidak di bungkus dengan daun pisang, melainkan dari daun kentut.

Jangan berfikir nasi ini memiliki aroma yang tidak sedap seperti kentut. Daun yang menjadi pembungkus pada nasi tersebut justru yang memberikan aroma yang nikmat pada kuliner ini dan sangat baik untuk kesehatan jika dimakan, karena dapat membantu proses pencernaan.

3. Bika Ambon

Makanan unik ini mempunyai tekstur yang hampir mirip dengan martabak. Dibuat dengan bahan dasar telur, gula dan santan. Rasanya sedikit kenyal dan sangat manis dengan aroma pandan. Terdapat banyak varian rasa saat ini yakni keju, cokelat dan durian.

Bika Ambon adalah oleh-oleh wajib dari daerah asalnya, Medan. Yaa, inilah keunikan dari kue berwarna kuning ini. Namanya memang Ambon, tapi tidak berasal dari sana melainkan dari Medan. Nama itu diambil dari nama jalan di kota Medan, tempat kue ini diproduksi untuk pertama kalinya. yaitu Jl. Ambon.