SAAT BANGUN TIDUR, TANGAN KEBAS APA PENYEBABNYA?!

Tidur merupakan salah satu pilihan saat tubuh sedang lelah. Nyamannya saat tidur membuat tubuh kembali rileks saat bangun dari tidur. Namun pernah gak sih ketika bangun tidur tangan terasa kebas?

Tangan terasa kebas saat bangun tidur merupakan hal yang sering terjadi kerena saat tidur posisi tubuh hanya menumpu ke arah yang sama sepanjan tidur, sehingga hanya salah satu otot yang menopang tubuh.

“Pembuluh darah kapiler tertekan karena berat badan yang hanya terfokus di satu sisi. Akibatnya, peredaran darah di sekitar lengan terganggu. Hal ini membuat rasa kesemutan dan mengurangi kualitas tidur Anda,” tutur Michael Breus, PhD, pakar kesehatan tidur sekaligus penulis buku ‘GOOD NIGHT: The Sleep Doctor’s 4-Week Program to Better Sleep and Better Health,’ dikutip dari CNN, Kamis (24/3/2016).

Oleh karena itu, kita terbangun dari tidur untuk mengganti posisi tidur. Rasa kebas saat tidur dapat mengganggu kualitas tidur.

“Misalnya tidur miring di satu sisi saja, otot di sisi tersebut akan dipakai terus menerus. Akibatnya otot akan mengalami spasme yang menyebabkan badan terasa kaku,” tutur dr Tyo, beberapa waktu lalu.

Spasme yang terjadi membuat otot mengerut. Otot yang mengerut tidak memiliki kemampuan untuk memanjang, atau dengan kata lain, otot kehilangan kemampuan fleksibilitasnya.

Untuk itu, agar ketika kita merasa tubuhnya kaku setelah bangun tidur untuk melakukan stretchingStretching yang dilakukan akan membuat otot kembali memanjang dan mengembalikan fungsi fleksibilitasnya.