FAKTA TENTANG KANGKUNG

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang mudah di dapatkan dan menjadi sayuran favorit bagi banyak orang. Selain itu, kangkung juga mudah untuk diolah.

Namun, benarkah mengkonsumsi kangkung dapat menyebabkan ngantuk ?

Kangkung dapat menyebabkan ngantuk, merupakan MITOS .

Namun untuk penjelasan secara ilmiahnya adalah kangkung memiliki Senyawa-senyawa dalam kangkung bikin ngantuk atau sebagai obat tidur berdasarkan sifatnya yang menekan susunan syaraf pusat. Diduga senyawa-senyawa inilah yang dapat menyebabkan efek sedasi (anestesi untuk menenangkan).

Penelitian tersebut masih sebatas pada mencit atau tikus. Dari uji statistik diperoleh, ekstrak kangkung darat memiliki aktivitas sedasi pada mencit, sehingga mencit dapat jatuh dari rotarod (alat untuk menentukan waktu ketahanan mencit terhadap perputaran roda) dengan cepat. Jatuhnya mencit akibat efek sedasi terjadi karena menurunnya aktivitas motorik akibat proses depresi pada sistem saraf pusat.

Sama halnya seperti dilansir laman CNN Indonesia, yang dikutip dari buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center, menyebutkan bahwa kangkung mengandung mineral kalium dalam jumlah banyak (175 mg dalam satu cup kangkung), dan makanan tinggi kalium dapat mengurangi tekanan darah. Efek itulah yang dirasakan sebagai kantuk bagi sebagian orang.

Semoga bemanfaat sahabat kulinersumut!