RESEP SEMUR IBU KANDUNG

halo sahabat kulinersumut, siapa sih yang gak kenal dengan semur ? hmmm, pasti semua pada suka dong sama menu masakan yang satu ini:)

tauu gak sih, semur memiliki latar belakang yang unik loo. semur merupakan cara para orang zaman purba dalam mengolah daging loo. eitss, tapi pada waktu itu nama cara mengolah daging orang zaman purba belum ada namanya yaa.

singkat cerita, orang melayu indonesia menambahkan gula merah atau gula aren serta kecap pada cara olahan daging orang zaman purba ini. ketika suaminya yang berdarah china meminta nya untuk masak daging. orang belanda yang menikmati olahan menu ini yang petama kali memberi nama dalam bahasa belanda pada olahan masakan ini dengan nama “smoor”.

yang artinya, “olahan daging bercita rasa manis dan dimasak empuk”. nah, udah baca sejarah singkat dari semur jadi pengen nyoba masak gak nih? resepnya boleh di coba yaa

oh iyaa, untuk isi semur nya gak melulu daging atau ayam yaa, kamu bisa gunakan sesuai selera kamu boleh tempe, tahu, telur, atau kentang.

Bahan-bahan :

1 kg ayam

Merica

6 siung Bawang putih

8 siung Bawang merah

Bunga lawang

Kapulaga

Cengkeh

Pala

Kayu manis

Kemiri

Cabe

2 cm jahe

Kecap manis secukupnya

Penyedap secukupnya

Garam

Bumbu halus :

Giling merica, bawang putih, bawang merah, pala, kemiri, jahe, cabe hingga halus

Cara memasak :

-Ayam cuci bersih lalu goreng ayam hingga matang

-Tumis bumbu halus sampai wangi, beri garam dan penyedap secukupnya. Kemudian masukan bunga lawang, kapulaga, cengkeh, kayu manis

-Lalu masukan ayam aduk rata, tambahkan kecap

-Lalu beri air, aduk. Lalu tunggu airnya sedikit mengering.

-Semur siap disajikan