Makanan dan Minuman Bernenergi Buat Programmer

Pisang
Pisang merupakan karbohidrat sederhana, namun dapat menjadi sumber energi instan. Karena itu, pisang sangat baik digunakan sebagai makanan pemulihan setelah berolahraga. Pisang juga merupakan sumber kalium yang sangat baik, sebab kurangnya kadar kalium dalam tubuh dapat menyebabkan kelemahan fisik. Sedangkan gula yang terdapat di dalam pisang, dapat dengan cepat dicerna dan diubah menjadi energi bagi tubuh Anda.

Kacang-Kacangan (Lentil)
Kacang-kacangan harus menjadi bagian pokok dari pola makan harian Anda. Kacang-kacangan kaya akan asam amino, protein, mineral dan vitamin, dan dapat menggantikan nasi atau pasta dalam hampir semua resep makanan. Kacang-kacangan juga kaya akan serat yang membuat Anda merasa kenyang dan menjaga kadar glukosa untuk tidak naik ke tingkat yang lebih tinggi. Tingkatkan energi dalam salad makan siang Anda dengan menambah secangkir red kidney-beans atau kacang garbanzo yang dimasak.

Oatmeal (Havermut)
Oatmeal adalah salah satu makanan utama yang meningkatkan energi. Tanpa mentega dan gula merah, oatmeal adalah karbohidrat kompleks yang baik. Oatmeal membantu mengendalikan kadar glukosa darah dan juga menjaga perut agar merasa kenyang untuk waktu yang lama. Selain itu, oatmeal mengandung vitamin B, yang dikenal dapat meningkatkan tingkat energi tubuh. Karena itu, oatmeal tentu akan menambah lebih banyak energi untuk keseharian Anda. Waktu yang optimal untuk makan oatmeal adalah sebelum jam 11 pagi.

Telur
Salah satu makanan yang banyak diremehkan orang sebagai sumber energi utama adalah telur. Telur kaya akan protein, asam amino dan asam lemak esensial omega – 3. Ketiga kandungan telur tersebut sangat penting untuk pertumbuhan otot, sistem kekebalan tubuh yang kuat, kekuatan otak dan keseimbangan cairan dalam tubuh. Telur juga merupakan salah satu makanan teratas yang memberikan energi tinggi karena mengandung lebih dari 10 nutrisi penting yang esensial untuk tubuh Anda .

Kenari (Walnuts)
Kenari adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Kenari biasanya dibilang sebagai “makanan otak”. Hal ini bukan hanya karena tampilan kulit kenari yang keriput, tetapi juga karena konsentrasi lemak esensial omega – 3 yang lebih tinggi. Segenggam kenari dalam pola makan harian Anda akan meningkatkan tingkat energi Anda. Kenari juga merupakan sumber serat yang baik, kalsium pembentuk tulang, dan beberapa nutrisi penting lain yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berfungsi secara efektif dan memiliki jumlah energi yang banyak.

Dark Chocolate
Sumber energi tidak harus terasa hambar dan terlihat kurang menarik, karena banyak sumber energi mempunyai rasa yang manis. Salah satu sumber energi yang luar biasa tersebut adalah dark chocolate. Dark chocolate mengandung anti-oksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, dark chocolate juga mengandung kafein, yaitu zat stimulan yang membantu menjaga tubuh tetap waspada dan meningkatkan metabolisme. Jika Anda memilih dark chocolate sebagai sumber energi, maka pastikan untuk menggunakan dark chocolate organik karena produk tersebut bebas susu. Sebaiknya konsumsi dark chocolate dalam jumlah sedang untuk hasil terbaik.

Air Kelapa
Walau air kelapa bukan makanan padat, namun merupakan salah satu sumber energi yang berharga dan paling murah. Air kelapa sering dikenal sebagai “minuman energi alami”. Air kelapa penuh dengan vitamin dan mineral penting, seperti kalium beserta dengan asam laurat. Kalium memasok tubuh dengan nutrisi dan elektrolit yang diperlukan tubuh. Sedangkan asam laurat berguna dalam mempercepat proses metabolisme seseorang dan memberikan dorongan energi. Selain itu, air kelapa juga mengandung gula, lemak serta konten sodium yang rendah.

Yogurt
Yogurt adalah suguhan yang lezat dan mengisi perut yang saat ini tersedia dalam berbagai rasa. Sebaiknya Anda mencoba makan yogurt rendah lemak dibandingkan makanan yang tinggi gula untuk makanan penutup. Yogurt mengandung kalsium, vitamin B-12 dan protein, yang semua itu cukup baik untuk kesehatan tubuh Anda. Nutrisi yogurt juga dapat dikonversi langsung menjadi energi.

Smoothies/Shakes Hijau
Dapatkan energi dari segelas jus sayuran hijau, yogurt pisang, apel dan digabungkan dengan beberapa buah lain yang Anda suka. Kale dan bayam merupakan sayuran favorit untuk dibuat smoothies hijau, karena rasa sayur tersebut dapat ditutupi atau dilengkapi dengan rasa buah-buahan