16 Makanan Minuman yang Dibatasi dan Dilarang di Amerika Serikat

Berikut ini ada sejumlah makanan dan minuman yang dilarang atau sangat dibatasi di Amerika karena berbagai alasan, apa saja ya?

1. Kinder Surprise Eggs

16 Makanan Minuman yang Dibatasi dan Dilarang di Amerika Serikatebay.com

Cemilan dari Jerman ini berbentuk telur cokelat dengan kapsul di dalamnya yang berisi mainan. Mainan-mainan di Kinder Eggs cukup menarik apalagi untuk anak-anak. Kinder meluncurkan produk itu pada 1974, dan alasan dilarang peredarannya di Amerika Serikat sudah terjadi dalam beberapa dekade sebelumnya.

The Huffington Post menjelaskan bahwa makanan ringan itu melanggar Undang-Undang Makanan, Obat-obatan, dan Kosmetik tahun 1938 yang melarang semua permen dengan makanan “non-nutrisi” di dalamnya. Alasan utama di balik larangan itu adalah bahwa produk itu gak memenuhi syarat dan bisa membahayakan anak-anak karena bisa mengakibatkan terjadinya tersedak.

2. Ikan Fugu (Ikan Buntal)

16 Makanan Minuman yang Dibatasi dan Dilarang di Amerika Serikatcookingbites.com

Fugu adalah ikan puffer Jepang yang jika gak dikelola dengan benar bisa menyebabkan seseorang meninggal hanya setelah makan satu gigitan. Meskipun dilarang di Amerika, ikan itu legal di Jepang, tetapi butuh waktu bertahun-tahun untuk mempelajari cara membersihkan ikan itu bagi koki. Apa ya yang membuat Fugu sangat mematikan?

Dilansir dari Eater, organ-organ ikan buntal mengandung neurotoksin dalam jumlah yang tinggi, karena ketika di lautan mereka makan siput beracun dan makhluk laut lainnya. Meskipun gak sepenuhnya dilarang di AS, sangat sedikit koki yang memiliki lisensi untuk memasak dan menyajikannya.

3. Ackee

16 Makanan Minuman yang Dibatasi dan Dilarang di Amerika Serikatflickr.com

Jamaika dikenal karena buahnya yang bernama Ackee yang berasal dari Afrika Barat. Ackee dianggap sebagai buah nasional Jamaika dan merupakan salah satu bahan utama dalam hidangan nasional. Tapi buah ini dilarang di Amerika Serikat.

Menurut FDA, Ackee secara alami mengandung kadar tinggi hipoglikin A yang dapat menyebabkan muntah parah dengan kemungkinan koma dan bahkan kematian. Ketika buah matang, kadar hipoglikin berkurang di beberapa bagian buah, tetapi masih membutuhkan banyak keahlian untuk memprosesnya dengan aman. Impor kaleng dan beku gak sepenuhnya dilarang, tetapi hanya distributor tertentu yang dianggap aman oleh FDA yang dapat mengirimkan produknya ke AS.

4. Haggis

16 Makanan Minuman yang Dibatasi dan Dilarang di Amerika Serikatblackface.co.uk

Hidangan paling terkenal di Skotlandia ini dilarang di Amerika sejak 1971 ketika USDA mengumumkan bahwa makanan yang mengandung paru-paru ternak gak dapat dibuat di AS ataupun diimpor.

Jika kamu belum tahu, Haggis adalah adonan yang dibuat dari hati dan paru-paru domba, dicampur dengan rempah-rempah, bawang, dan oatmeal. Kemudian dimasukkan ke dalam selubung yang terbuat dari perut domba. Masalahnya adalah penggunaan paru-paru sebagai makanan dilarang di Amerika Serikat.

Dilaporkan CNN, sudah ada pembicaraan bahwa larangan impor domba yang sudah berjalan lama itu mungkin dicabut setelah para pejabat Skotlandia berhasil berdiskusi dengan USDA. Produsen Haggis Skotlandia sudah bersiap-siap untuk mengimpor hidangan nasional mereka (tanpa paru-paru).

5. Four Loko

16 Makanan Minuman yang Dibatasi dan Dilarang di Amerika Serikatthecrimson.com

Di masa jayanya, desas-desus beredar bahwa satu kaleng minuman keras ini mengandung dua kali lipat kafein daripada Red Bull 8 ons dan sebanyak empat kaleng Budweiser. Selama minuman itu berada di puncak popularitas, minuman itu justru dilarang di beberapa negara dan larangan federal direncanakan setelah ada beberapa kasus kematian yang terjadi, diduga karena Four Loko.

The Washington Post melaporkan bahwa pada 2014, Phusion Projects, perusahaan di balik Four Loko, membuat perjanjian dengan FDA bahwa mereka gak akan menggunakan kafein dalam minuman apa pun yang dijual di Amerika Serikat. Namun, formula yang mengandung caffeinated asli itu, diberi julukan “blackout in a can” masih tetap dijual di luar negeri. Bahkan, minuman tersebut memiliki banyak penikmat seperti pemuda di Cina, di mana minuman itu memiliki julukan shi shen jiu.

Baca Juga: Ternyata 5 Jenis Makanan Enak Ini Gak Boleh Dikonsumsi Idol KPop Lho

6. Cyclamate

16 Makanan Minuman yang Dibatasi dan Dilarang di Amerika Serikatnaturalpedia.com

Cyclamate telah dilarang peredarannya sejak 1969. Dalam blog Brooklyn Brainery memberikan sejarah singkat tentang pemanis buatan dan mengapa itu dilarang. Dikembangkan pada akhir 1930-an oleh Michael Svaeda, pemanis buatan ini 10 kali lebih manis dari gula. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1969 mengklaim bahwa Cyclamate dapat menyebabkan kanker kandung kemih pada tikus lab. Sejak itu, pemanis tersebut dilarang di Amerika.

Namun pemanis itu masih beredar di banyak negara lain, termasuk Kanada dan Meksiko di mana ia digunakan sebagai pemanis utama untuk minuman ringan seperti Coca-Cola Light. Beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan setelah 1969 membuktikan bahwa Cyclamate gak menyebabkan kanker. Meskipun FDA mempertimbangkan untuk mencabut larangan tersebut pada tahun 1989, hal itu masih belum terlaksana.

7. Beluga Caviar 

16 Makanan Minuman yang Dibatasi dan Dilarang di Amerika Serikat.londonfinefoods.co.uk

Beluga Caviar sudah dilarang di AS sejak 2005. The New York Times melaporkan bahwa The United States Fish and Wildlife Service mengeluarkan larangan tersebut karena penangkapan berlebih yang terjadi pada ikan beluga sturgeon itu membuatnya terancam punah, dan Laut Kaspia merupakan rumah utamanya.

Makanan ini dianggap sebagai salah satu makanan paling mahal karena harganya sekitar 220 US dolar per ons. Beluga Caviar memang dicabut larangan internasionalnya pada tahun 2007 oleh AS, tetapi larangan AS masih berlaku.

8. Casu marzu

16 Makanan Minuman yang Dibatasi dan Dilarang di Amerika Serikattoursardinia.eu

Ada satu keju yang dilarang di Amerika, yakni Casu marzu. Merupakan keju dari Sardinia, Italia karena keju tersebut penuh dengan belatung hidup. Bukan karena busuk, belatung itu memang dimaksudkan untuk dimakan.