Lebih Praktis Ketahui
KOMPAS.com – Bentuk adonan kue cokelat yang berproses mengembang sedikit demi sedikit dari dalam oven terlihat sangat menggiurkan. Seorang karyawan swasta, Rini (24), melihat perubahan kue kesukaannya tersebut bukan secara langsung, melainkan melalui layar smartphone.

Sebagai karyawan dengan rutinitas berangkat pagi pulang malam, menonton video memasak merupakan keasyikan tersendiri baginya. Terlebih lagi, ketika menghabiskan waktu di kereta arah pulang.

Walau tidak hobi memasak, melihat berbagai bahan kue, seperti mentega, baking powder, cream cheese, dan tepung dituangkan, diaduk-aduk sampai jadi dan sampai pada tahap mendekorasinya menginspirasi Rini agar bisa meluangkan waktu untuk membuat kue seperti yang ada dalam video tersebut.

Thinkstock/NikiLitov Ilustrasi bahan-bahan memasak kue.Lain lagi dengan Hana (31), ibu rumah tangga sekaligus pebisnis baju muslim ini mengandalkan video-video memasak di Youtube untuk memudahkannya mengolah masakan setiap hari. Hal yang dulu diterapkan melalui buku resep sudah tak berlaku baginya. Ini zamannya mencontoh resep masakan lewat video.

(Lewat) video jadi lebih praktis karena step by step-nya jelas dan bisa di-pause. Mencari video resep masakan di internet juga mudah karena tersedia banyak sekali, ujar Hana.

Melalui pengalaman kedua perempuan tersebut, tergambar kalau mengakses resep makanan di zaman sekarang sangatlah mudah. Berbagai food channel di Youtube bisa menggantikan posisi buku resep.

Karenanya, jika Anda hendak mencari resep makanan menarik atau sekadar ingin menontonnya, ada beberapa food channel di Youtube yang bagus untuk diikuti. Berikut di antaranya:

Tasty

Video makanan buatan Tasty biasanya mudah pula ditemukan dari media sosial Instagram atau Facebook dan media Buzzfeed.com. Sudah ada banyak sekali jenis makanan yang masuk dalam video resep di Tasty, mulai dari hidangan pembuka sampai hidangan penutup. Hidangannya pun beragam, mulai dari kuliner Barat sampai kuliner Asia.

Menariknya, ada pula Tasty 101 yang berisi instruksi tips dan trik khusus seputar proses memasak makanan sederhana agar tetap terasa lezat dan enak dipandang.

Thinkstock Ilustrasi menggoreng telur.Misalnya, ada cara bagaimana menggoreng telur mata sapi yang sempurna, lima cara mudah memasak ikan, dan cara menggoreng makanan dengan sempurna. Karena itu, Tasty 101 cocok untuk anak kos yang mau memasak sendiri.

Tastemade

Tastemade juga menjadi salah satu saluranYoutube favorit para pencinta makanan. Selain menyajikan tutorial, Tastemade juga memiliki konten food travel di tempat tertentu yang dikemas dalam cerita singkat seru berjudul Alice in Paris.

Ada juga The Scoop, acara tempat bintang tamu seperti penyanyi Gwen Stefanie atau Imagine Dragon mencampur es krim kesukaan mereka dengan berbagai topping sambil menjawab pertanyaan menarik dari tim Tastemade.

Brother Green Eats

Brother Green Eats juga salah satu food channel di Youtube yang menarik dan kreatif. Melansir dari Lifehacker.com, Rabu (9/3/2016), ada beberapa videonya yang populer sekaligus bermanfaat untuk bisa diterapkan di rumah.

Beberapa di antaranya adalah cara menyajikan 10 masakan berbeda hanya menggunakan telur dan juga cara mengubah mi instan cup menjadi masakan yang lebih nikmat untuk disantap.

Kemudian, channel ini tak hanya berisi tips memasak dan seputar resep makanan, melainkan juga tips hidup sehat seperti cara untuk tetap memakan makanan bergizi dengan budget tipis.

Dok. Oppo Ilustrasi fitur Split BoardMenonton berbagai video makanan, tutorial memasak, dan kuliner dari tempat keren di Youtube itu bisa saja menjadi hobi Anda. Video pun bisa hadir dengan gambar yang lebih tajam jika smartphone memiliki resolusi layar Full High Definition (FHD+) yang super-full screen. Menonton pun jadi lebih asyik.

Sayangnya, menonton video bisa bikin orang lupa waktu sehingga urusan yang harusnya dilakukan malah dilupakan. Apalagi kalau menontonnya lewat layar smartphone yang juga jadi benda penunjang komunikasi dengan partner kerja, teman, dan keluarga. Jangan sampai, komunikasi seperti chat di media sosial dengan mereka terputus karena Anda keasyikan menonton video.

Notifikasi dalam smartphone kerap kali tak terlihat saat menonton video. Lebih-lebih kalau Anda mengatur tayangan video selayar penuh. Karenanya, pastikan notifikasi diatur sedemikian rupa agar tak mudah diabaikan oleh Anda saat menonton video. Dengan memasang suara atau mengaktifkan getar misalnya.

Kemudian, smartphone yang juga mempunyai dukungan Artificial Intelligence (A.I) Board, sebuah fitur split screen, seperti pada Oppo F7, memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi secara bersamaan. Anda dapat melakukan aktivitas lain sekaligus, meskipun tontonan video yang dilihat diatur untuk satu layar penuh.

Membalas chat teman atau merespons jawaban atas tugas dari grup chat kantor jadi lebih mudah karena fitur tersebut. Jadi, Anda masih bisa tetap menonton videonya sambil membalas chat yang muncul dalam layar pop up kecil. Dengan begitu, tugas-tugas tak terabaikan dan keasyikan Anda menonton video food channel tak terganggu.

Selain itu, siapa tahu resep makanan yang dilihat dalam video bisa pula sambil dipraktikkan pada kemudian hari. Ketika masakan sudah jadi, langsung chat sahabat untuk datang ke rumah Anda dan mencicipi masakan tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *