Korea Utara Hanya Punya 28 Situs Web
KOMPAS.com – Korea Utara (Korut) memiliki jaringan internet yang hanya bisa diakses oleh dari dalam negeri. Penduduk negara tersebut pun tak dapat mengakses situs-situs asing sehingga isi internet Korut selama ini tidak diketahui dunia luar.

Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmodo, Kamis (22/9/2016), belakangan dilaporkan terjadi kesalahan yang menyebabkan jaringan internet Korut bisa diintip dari luar negeri.

Salah satu server top-level name Korut keliru dikonfigurasikan sehingga membuka transfer zona DNS global, sebut seseorang yang mengungkapkan kejadian tersebut di situs developer GitHub.

Dari sini diketahui bahwa jaringan internet Korut ternyata hanya memiliki 28 situs yang semuanya tampak seperti dibuat oleh pihak pemerintah dengan domain resmi .kp.

Jenis ke-28 situs tersebut bisa coba diterka dari nama dan URL masing-masing, misalnya Cooks.org.kp yang berisi resep masakan, situs berita pemerintah Kcna.kp, dan sebuah situs lain bernama Friends.com.kp yang mirip jejaring sosial.

Begitu sedikitnya jumlah situs web yang bisa diakses warga Korut, sampai-sampai situs yang bisa dibuka dari dalam game komputer saja masih lebih banyak.

Korea Utara -28 website. GTA V -83 website. Saya pikir San Andreas lebih canggih dibanding Korea Utara, komentar seorang pengguna forum online Reddit.

Situs-situs Korut tersebut sempat kebanjiran pengunjung dari seluruh dunia ketika aksesnya tak sengaja dibuka, hingga akhirnya tumbang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *