,

Pentingnya Varian Menu dalam Santapan Sehari-hari


Bisa jadi nasi putih dan ayam goreng adalah makanan favorit Anda. Bisa jadi juga nasi putih, ikan asin, dan sayur asem yang jadi kesukaan. Sekalipun suka sekali dengan makanan ini, tak berarti Anda harus terus menerus menyantap makanan tersebut.

“Betapapun sukanya dengan makanan itu, Anda tak boleh hanya makan itu saja, harus bervariasi,” kata dokter gizi Elvina Karyadi dalam acara diskusi kesehatan di Jakarta.

Elvina mengatakan, makan makanan yang sama terus-menerus tidaklah sehat. “Walau sebenarnya makan nasi dan ayam itu sehat karena ada karbohidrat dan protein, tapi kalau seminggu terus makan itu tidaklah sehat.”

Variasi makanan sangatlah diperlukan. Pasalnya, setiap makanan yang disantap memiliki kandungan vitamin, mineral dan bahan aktif lain yang berbeda-beda. Semua kandungan bahan aktif ini dibutuhkan tubuh untuk melakukan proses metabolisme.

Tak adanya variasi makanan akan menyebabkan ‘menumpuknya’ satu atau beberapa jenis vitamin dan mineral dalam tubuh. Sedangkan jenis mineral dan vitamin lain yang tak bisa dibentuk tubuh tidak tercukupi karena tak ada asupan dari varian makanan lainnya. Lama-kelamaan hal ini akan menyebabkan tubuh jadi kekurangan vitamin dan mineral atau defisiensi vitamin dan mineral.

“Idealnya makanan yang paling tepat itu punya menu yang berbeda saat pagi, siang dan malam.”

Konsumsi makanan yang bervariasi juga akan membantu untuk mencegah kebosanan terhadap jenis makanan yang itu-itu saja.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.