Meatloaf untuk olahan Idul Adha yang anti-mainstream

[Resep] Meatloaf untuk

Persediaan daging sapi atau kambing mendadak berlipat? Meskipun bisa disimpan di dalam kulkas, tentunya daging yang masih mentah tidak bisa bertahan terlalu lama. Walaupun awet, kualitasnya sudah berkurang jauh. Aromanya bahkan bisa mempengaruhi bahan makanan lain.

Agar tidak terjadi hal seperti ini, olah daging menjadi makanan awetan. Kalau dendeng atau empal sudah terlalu mainstream, silakan diolah menjadi meatloaf. Menggunakan daging sapi atau kambing sama saja lezatnya. Bisa diiris dan digoreng dengan balutan tepung atau telur seperti nugget.

Bahan:

500 gram daging giling
5 sendok makan tepung roti
1 butir telur
80 cc susu cair
1/2 buah bawang bombay ukuran besar
5 siung bawang putih
3 sendok makan saus tomat
garam secukupnya
gula secukupnya
merica bubuk secukupnya
minyak goreng secukupnya
kertas roti atau aluminium foil

Cara membuat:

Cincang halus bawang bombay dan bawang putih. Tumis dengan sedikit minyak hingga harum, kemudian sisihkan.
Campurkan daging giling, susu cair, tepung roti, dan telur. Bumbui dengan garam, gula, merica, dan 2 sendok makan saus tomat. Masukkan tumisan bawang bombay dan bawang putih. Aduk hingga tercampur rata.
Tata kertas roti atau aluminium foil di atas loyang yang agak tinggi. Ratakan adonan meatloaf di loyang. Diamkan selama setengah jam atau sampai permukaannya agak keras. Olesi permukaannya dengan sisa saus tomat.
Panggang di dalam oven bersuhu 180 derajat Celcius selama 40 menit. Setelah matang, angkat dan dinginkan.

Sajikan irisan meatloaf dengan kentang tumbuk dan tumis sayuran. Bisa juga dibalut tepung atau telur, kemudian digoreng dan disajikan sebagai lauk teman makan nasi. [tsr]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.