Resep dasar tempura yang enak, renyah, crispy, dan keriting sempurnaTempura adalah jenis gorengan asal Jepang yang populer di seluruh dunia. Bahan utamanya adalah udang dan memiliki tekstur renyah berkat lapisan tepung yang garing dan keriting. Sebenarnya tempura tidak sulit untuk dibuat sendiri. Kalau kamu sudah menguasai cara membuat ayam goreng renyah ala KFC, kamu juga tak akan kesulitan untuk membuat tempura yang renyah. Tempura biasanya dibuat dengan bahan udang dan sayuran. Sayuran yang biasa digunakan di Jepang sana umumnya adalah ubi, labu, terong, jamur shiitake, dan akar teratai. Tetapi sebenarnya segala jenis sayuran dan seafood bisa dibuat tempura. Untuk udang yang digunakan sebagai bahan dasar sebaiknya menggunakan jenis yang berukuran besar dan berdaging padat.

Bahan:
200 gram udang windu
100 gram terong ungu

100 gram ubi kuning

100 gram jamur shiitake segar

Bahan tepung pencelup:
100 gram tepung terigu protein sedang
1 siung bawang putih

1/2 sendok teh garam

1/2 sendok teh merica bubuk

1/2 sendok teh baking soda

200 ml air es

Bahan tepung pelapis:
100 gram tepung terigu protein sedang
50 gram tepung maizena/tepung kanji

1/2 sendok teh garam Minyak goreng secukupnya

Pelengkap:
Kecap asin
Cabai bubuk

Cara membuat:

Bersihkan udang dari kepala dan cangkangnya. Sayat bagian punggung udang dan keluarkan urat berwarna putih yang menempel dengan tusuk gigi agar udang tidak mengerut saat digoreng. Setelah itu kerat-kerat bagian perut udang dan sisihkan.
Potong-potong ubi dengan irisan bulat seukuran satu suapan. Iris terong yang sudah dipotong menjadi dua atau tiga bagian membentuk kipas. Biarkan jamur shiitake tetap utuh.
Haluskan bawang putih, kemudian campurkan dengan tepung terigu bahan pencelup. Tambahkan 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica bubuk, dan 1/2 sendok teh baking soda. Sisihkan terlebih dahulu sebelum dituangi air es.
Buat campuran tepung pelapis dengan mencampurkan tepung terigu, tepung maizena/tepung kanji, dan 1/2 sendok teh garam. Aduk hingga tercampur rata.
Tambahkan air es ke dalam adonan pencelup. Aduk rata hingga tidak ada tepung yang menggumpal. Kemudian celupkan udang, ubi, dan terong ke dalamnya satu per satu.
Setelah dicelupkan ke dalam tepung pencelup, gulingkan bahan-bahan tempura di tepung pelapis. Pastikan seluruh bagian tempura diselimuti lapisan tebal. Setelah itu remas-remas sedikit untuk membentuk gumpalan di permukaannya.
Goreng tempura di dalam minyak panas sampai terendam seluruhnya. Selagi digoreng, siram permukaannya dengan minyak panas.
Angkat tempura dari penggorengan begitu warnanya sudah berubah kuning kecoklatan.
Tiriskan minyak dari tempura dengan kertas penyerap minyak atau kertas koran. Setelah itu sajikan dengan kecap asin dan cabai bubuk. Bisa juga diganti dengan saus sambal.

Itulah resep dasar tempura yang renyah, crispy, dan keriting sempurna.Sesekali modifikasi saja dengan menggunakan kerang, wortel, asparagus, buncis, bawang bombay, bayam, atau temp [tsr]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *