[Resep] Tartlet simpel dan enak dari roti tawarBagi yang belum akrab dengan istilah tartlet, sebenarnya ini adalah sejenis pai ukuran mini. Biasanya diisi dengan custard, vla, atau salad kentang. Kalau kamu membeli di bakery, sebenarnya harganya juga tidak terlalu mahal. Tetapi tartlet bikinan sendiri malah jauh lebih terjangkau. Bahannya mudah didapat, begitu juga cara membuatnya. Asyiknya kita bisa memakai isian macam-macam sesuai selera. Tartlet seperti ini cocok sebagai cemilan saat piknik. Juga bisa dijadikan hantaran atau oleh-oleh karena bentuknya cantik. Yuk, belajar cara membuatnya lewat resep berikut. Bahan (Untuk 4 orang):

12 lembar roti tawar

minyak goreng secukupnya

Salad kentang:

1 buah kentang

50 gram mix vegetable

2 sendok makan mayones

Salad tuna:

50 gram tuna kalengan

2 sendok makan mayones

Krim custard:

2 sendok makan tepung maizena

2 buah kuning telur

150 cc susu cair

8 sendok makan gula pasir

Buah-buahan sebagai topping

Cara membuat:

Potong roti tawar dengan cetakan atau cookie cutter, kemudian tempatkan di cup roti kukus/kue mangkuk yang sudah diolesi minyak goreng. Panggang di dalam oven hingga kecokelatan.
Rebus kentang, kupas kulitnya, kemudian lumatkan. Campurkan dengan sisa bahan salad kentang.
Tiriskan tuna dari air atau minyak di dalam kaleng, kemudian cincang kasar dan campurkan dengan mayones.
Campurkan seluruh bahan krim custard dan aduk hingga tak ada yang menggumpal, kemudian panaskan di atas api kecil hingga mengental dan meletup-letup. Angkat dan dinginkan.
Keluarkan roti tawar dari cetakan, kemudian isi dengan berbagai topping yang sudah dibuat. Hiasi tartlet krim custard dengan potongan buah stroberi, jeruk, kiwi, atau pisang.

Resep disadur dari Hanamaru’s Kitchen< [tsr]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *