10 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

1. Kanker paru-paru

Merokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru secara signifikan. Bahkan, kanker paru-paru merupakan penyebab kematian pertama sebagai bahaya merokok. Pria perokok mengalami peningkatan risiko kanker paru-paru hingga 25 kali, dan wanita meningkat hingga 25,7 kali.

Tak hanya kanker paru-paru, perokok juga berisiko mengalami peradangan pada saluran pernapasan, seperti bronkitis.

2. Penyakit jantung

Salah satu kebiasaan yang sangat berkontribusi terhadap penyakit jantung adalah merokok. Masalah pada jantung tersebut termasuk aterosklerosis dan penyakit arteri perifer.

Aterosklerosis terjadi ketika adanya penumpukan plak di pembuluh darah. Penumpukan plak ini menghambat jalannya aliran darah sehingga dapat berakibat fatal. Sementara itu, penyakit arteri perifer terjadi ketika pembuluh nadi di kaki dan lengan menyempit, yang juga mengganggu aliran darah.

3. Kolesterol tinggi

Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) di tubuh. Sebaliknya, kadar kolesterol jahat (LDL) pun akan meningkat. Merokok pun meningkatkan kadar kolesterol total dan trigliserida, yang sama artinya dengan menimbun lemak di tubuh.

4. Komplikasi diabetes

Penderita diabetes tipe 2 yang merokok cenderung mengalami komplikasi dari penyakit tersebut. Pasalnya, merokok meningkatkan resistensi insulin. Selain itu, risiko masalah lain juga bisa terjadi jika Anda masih merokok saat menderita diabetes, seperti gangguan ginjal, masalah mata, dan serangan jantung.

5. Gigi menguning dan keropos

Bahaya merokok bagi kesehatan jangka panjang lainnya adalah gigi yang menguning dan terlihat kecokelatan. Tak hanya rusaknya warna gigi, bagian mulut ini juga rentan keropos.

6. Keguguran

Merokok selama hamil dapat meningkatkan risiko keguguran. Sang bayi juga rentan mengalami asma, infeksi telinga, gangguan pertumbuhan, kelainan fisik, dan sindrom kematian mendadak pada bayi.

7. Berbagai jenis kanker

Tak hanya kanker paru-paru yang menjadi bahaya merokok bagi kesehatan. Berbagai jenis kanker lain pun bisa terjadi di sekujur tubuh, termasuk kanker serviks bagi perempuan, kanker tenggorokan, kanker kandung kemih, kanker mulut, kanker darah, hingga kanker ginjal.

8. Menopause prematur bagi perempuan

Wanita yang merokok cenderung mengalami menopause lebih cepat, dibandingkan dengan yang tidak merokok. Selain itu, hot flashes (sensasi panas dalam tubuh) sebagai gejala menopause juga meningkat jika Anda menghisap rokok.

9. Gangguan mata

Mata pun tak luput dari bahaya merokok bagi kesehatan. Kebiasaan tak sehat ini dapat mengganggu kemampuan melihat dan meningkatkan risiko berbagai penyakit mata. Penyakit mata tersebut termasuk glaukoma, degenerasi makula, dan katarak.

10. Masalah daya tahan tubuh

Menghisap rokok dapat menurunkan kemampuan sistem imun tubuh untuk melawan infeksi. Selain itu, orang yang merokok lebih berisiko untuk mengalami infeksi saluran pernapasan daripada yang tidak merokok.